10 elemen penting dalam rancangan interior

 

Rancangan interior merupakan salah satu tahap penting dalam kegiatan perancangan bangunan. Ruang hunian atau bangunan kita akan nyaman dipakai jika di tata dengan mempehatikan aspek fungsi, keindahan, serta keharmonisan ruangan. Kesemuanya perlu di perhitungkan agar penguni di dalamnya merasakan kenyamanan fisik dan juga psikologisnya. Jika kenyamanan tercipta maka akan betah berlama-lama di dalam rungan dan akan menunjang aktivitas yang di kerjakan.


Mengenal apa itu desain interior
Banyak pengertian dari desain interior yang diungkapkan oleh para pakar di bidang desain interior. Salah satunya di kemukakan oleh D.K Ching pada tahun 1995 yang menjelaskan arti dari desain interior adalah merencanakan, menata, serta merancang ruangan dalam bangunan. Dimana ruang dalam berfungsi untuk memebuhi kebutuhan dasar dari penghuninya akan sarana untuk bernaung dan berlindung, mengatur aktivitas, mengekspresikan ide, tindakan, perasaan, hingga kepribadian.


Elemen-elemen penting dalam desain interior
Pengetahuan akan elemen-elemen dasar ini harus diketahui oleh setiap desaigner interior. Bagi Anda sebagai klien juga penting mengetahui apa saja elemen-elemen dasar dari desain interior. Gunanya untuk memunculkan kriteria-kriteria desaign sesuai setiap elemen. Selain itu, klien yang memahami elemen yang perlu di pertimbangkan dalam desain interior akan bisa menggambarkan standart interior yang baik. Berikut ini elemen-elemen dasar desain interior yang perlu kita ketahui.

  1. Tata letak ruang

Sebuah ruangan yang dirancang harus memiliki penataan ruang baik. Apalagi jika ukurannya besar, maka akan lebih luas untuk dilakukan penataan. Penataan tiap ruangan yang dipikirkan adalah unsur lantai, furnitur yang ada di dalamnya, dinding, ukuran, dan penempatan yang kesemuanya berdasarkan fungsi dan kegiatan yang dilakukan di masing-masing ruangan.

  1. Keberagaman jenis ruangan

Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Selalu ada perkembangan-perkembangan keinginan yang dimunculkan. Mengingat setiap keinginan antar manusia bisa jadi berbeda jenis dan kadarnya. Oleh karena itu, desain interior di dalam suatu bangunan harus bisa mengakomodasi segala keinginan banyak orang. Perlu sekiranya menyediakan variasi ruangan yang bisa digunakan untuk berkelompok maupun individu. Misalkan saja ada ruang khusus bermain anak-anak di dalam rumah, ada juga ruang karaoke bagi yang sudah dewasa. Kesemuanya pada prinsipinya adalah ruangan hiburan namun dibedakan berdasarkan karakter penghuninya.

  1. Area personal

Manusia selain berkelompok juga merupakan manusia mandiri secara individu. Ada sifat-sifat privat yang dimiliki setiap individu dan dimiliki oleh banyak orang(universal). Suatu bangunan perlu mempertimbangkan area personal seperti kamar pribadi, kamar mandi, tempat ibadah, dsb yang akan menunjang setiap penghuni merasa aman, nyaman, dan dihargai.

  1. Aspek Pencahayaan

Pencahayaan di dalam ruangan harus cukup. Jangan hanya mengandalkan sinar lampu, namun bagaimana ruangan tersebut bisa menerima pencahayaan alami dari sinar matahari juga harus di pikirkan. Selain untuk penghematan listrik, mendapatkan pencahayaan alami juga akan lebih sehat. Pencahayaan sangat penting untuk menunjang aktivitas kerja kita, apalagi pekerjaan yang membutuhkan daya pengelihatan seperti membaca, atau sedang mengerjakan tugas.

  1. Tata Suara

Setting suara juga salah satu pengaturan yang penting. Apalagi fungsi ruangan tersebut membutuhkan kondisi yang tenang seperti ruang belajar. Suasana hening dibutuhkan beberapa ruangan namun jika terlalu hening juga tidak baik karena justru akan mudah menimbulkan gema dan gaung.

  1. Kontrol Suhu

Perlu kita ketahui keadaan suhu normal bagi manusia berkisar 24 derajat celcius. Kondisi suhu ruangan akan sangat berpengaruh terhadap efektifitas kegiatan yang dilakukan pernghuni di ruangan tersebut. Kita juga perlu mengetahui batas suhu atas yang bisa di terima tubuh manusia. Menurut Grandjen dan Hari batas toleransi suhu udara tinggi yang sesuai dengan kemampuan fisik dan mental manusia adalah sekitar 35-40 derajat celcius. Untuk negara dengan 2 musim seperti Indonesia diekomendasikan suhu nyaman antara 22,5-26 derajat celsius.

  1. Perawatan

Berkenaan tentang bagaimana caranya setiap penguni mampu melakukan perawatan dengan seefisien mungkin. Berbicara efisien disini dalam artian hemat, dimana penghuni tidak susah dan perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan. Perawatan bisa dilakukan dengan memberikan pewarnaan ulang, atau bahkan mengganti beberapa furnitur yang sudah tidak layak.

  1. Kualitas udara

Sangat penting untuk menjaga kualitas udara agar terjaga kestabilan kondusifitas ruangan. Pengaturan kualitas udara tergantung dengan kondisi di lingkungan luar dan sistem ventilasi internal dari bangunan tersebut. Kualitas udara tidak berbicara mengenai suplay oksigen yang masuk saja namun juga berbicara bagaimana mengatur bau ruangan. Bisa dengan memberikan pengahrum ruangan, dan menyaring bau-bau dari luar agar tidak masuk ke dalam ruangan.

  1. Gaya dan fashion

Style dan fashion adalah bagian budaya populer masa kini. Pertimbangan ini diperlukan untuk memberikan nilai tambah terhadap sisi keindahan atau estetika ruangan. Akan lebih baik jika penggunaan warna, hiasan, dan perabotan adalah produk terbaru atau sesuai dengan karakter penghuninya. Hal itu akan menghindarkan rasa jenuh bagi para penghuninya.

  1. Aspek kenyamanan

Berasal dari kata dasar nyaman, merupakan bentuk kepuasan jiwa karena indera perasa kita mengalami kenikmatan. Kondisi ruangan yang nyaman akan meningkatkan motivasi seseorang untuk bekerja di dalamnya. Karena para penghuni akan terhindar dari rasa tertekan, gelisah, serta serasa mendapatkan kebebasan untuk beraktivitas.
Itulah 10 elemen penting yang harus di penuhi dalam melakukan perancangan desain interior. Bagi Para desaigner interior, 10 elemen tersebut harus di pikirkan dalam perencanaannya. Bagi Anda yang sedang melakukan perubahan desan interior, perlu sekiranya memahami 10 elemen penting tersebut untuk memudahkan proses komunikasi di dalam kerja sama yang Anda lakukan bersama desaigner Interior.

 

PT Total Imagi Nusantara